Guru, Episentrum Kebangkitan Nasional


Oleh: Taufikurrahman, S.Pd.I

Kondisi Bangsa Indonesia saat ini masih terpuruk. Di tengah kekisruhan di bidang politik ekonomi dan keadilan sosial seperti ini, Indonesia masih harus menghadapi beberapa tantangan. Tantangan itu antara lain tantangan globalisasi, tantangan keapatisan masyarakat terhadap penegakan hukum, kepicikan rasa kedaerahan, budaya hedonis, eksklusivisme keagamaan dan tantangan keegoisan setiap individu.

Bangsa ini perlu bangkit. Namun, dari mana kita memulai kebangkitan bangsa ini? Jawabannya: dari dunia pendidikan. Pendidikan diyakini bisa berdampak pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia.

Pendidikan juga diyakini bisa mengangkat derajat bangsa menjadi lebih beradab dan modern. Itu sebabnya pendidikan menjadi kunci kebangkitan bangsa ini.

Dari sekian banyak elemen pendidikan, yang manakah yang bisa menjadi episentrum kebangkitan? Tak pelak lagi, elemen pendidikan paling penting adalah guru. Siswa tak ada artinya tanpa guru. Kepala sekolah tidak ada maknanya tanpa guru. Fasilitas yang canggih dan modern tidak ada gunanya bila tak ada guru. Guru menjadi titik sentral kemajuan pendidikan dan kebangkitan bangsa. Tanpa guru, boleh dikata kemajuan pendidikan dan kebangkitan bangsa ini hanya sebuah fatamorgana.

Lantas, bagaimana seharusnya guru memainkan peran pentingnya itu? Setidaknya, guru harus memiliki dan menguasai tiga hal penting, yakni “mumpuni” (kompeten) dalam bidang studi yang diajarkan, piawai dalam mengajar, dan menjadi teladan dalam perilaku (akhlakul karimah).

Tiga modalitas kekuatan guru inilah yang tidak boleh diabaikan, bila guru dianggap memiliki peran sentral dalam kemajuan dunia pendidikan dan kebangkitan bangsa. Guru harus menguasai ilmunya. Tanpa keunggulan ilmu (bidang studi yang ditekuni), guru sulit menghasilkan siswa-siswi yang pandai

Guru memang bukan satu-satunya lumbung ilmu pengetahuan. Tetapi, kadar ilmu pengetahuan yang dimiliki guru sangat berpengaruh dalam mendorong siswa untuk terus belajar dan belajar sepanjang hayatnya.

Dengan demikian, bukan mustahil akan terjadi sebuah revolusi pendidikan yang pada akhirnya menjadi awal terjadinya ”Kebangkitan Nasional di Indonesia yang berbasis pada guru”. Bagaimana dengan Bapak dan Ibu Guru, apakah sudah siap mengaplikasikan peluang dan tantangan ini?

Harus ada suatu gebrakan dan kemauan yang serius untuk melakukan perubahan agar dunia Pendidikan di Indonesia menjadi lebih dinamis dan akseleratif. Bukan hanya menyangkut aspek ekonomi (anggaran), kurrikulum (materi dan system), dan atensi pada SDM pendidikan saja, namun juga kepada hal-hal yang bersifat revolusioner agar cita-cita untuk mencetak sumber daya manusia yang handal dan mumpuni, dapat menjadi nyata adanya. Di harapkan pendidikan di Indonesia dapat benar-benar menjadi tonggak akselerasi kebangkitan nasional di era globalisasi sekarang ini. Semoga !!!

Penulis: Staf Pengajar MAN 2 Banjarmasin

Comments :

0 komentar to “Guru, Episentrum Kebangkitan Nasional”

Posting Komentar